Let me Introduce

Foto saya
Hello Everyone... Pa Kabare...?? pasti gut2 aja kan. let me introduce my self : u can call me fadjar. yang lahir dari rahim seorang ibu yang penuh cinta pada tahun 80an.. well kalo pengen tau lbih banyak, lewat postingan aja ya... ato kita bisa berdiskusi n pastinya belajar bareng di dumay ini. you can find me at f_adhie@yahoo.com (4 email, FB n FS) or at desta_item (4 YM). oke...matursuwun udah baca... moga ga bingung dengan bahasa gado2 ini...(^^,) smile u later...

Jumat, 14 Mei 2010

Berurusan dengan pemerintah

Wew... semoga judul diatas tidak menjadi kontroversi..(kayak apa aja lu bro...xixixixi)... Yah pengen ngluarin sedikit uneg2 c.. Sebenarnya ni bermula dari 2 hari yang lalu... Temen gw bikin note di FBnya. Dia cerita pengalaman pertama ribetnya berurusan ma pemerintah... Sebenarnya dia ga masalah sih dengan prosedurnya... Secara jelas dipampang sebagai persyaratan. Yang dia keluhkan hanya pemalakan liar yang dilakukan oleh oknum2 yang terkait. Komen2nya pun beragam. Ada satu temennya yang komen lucu.. Jadi pas diminta duit ma oknum, dia minta kuitansi sebagai tanda pembayaran. Bukannya dikasih.. si oknum malah marah2...(^^,) Mo buat LPJ ke ortu kali yak...xixixixi...




Dari note temen gw... sebenernya gw juga sering ngalamin hal yang mungkin sama. Eneg juga sebenarnya kalo dimintain sumbangan seikhlasnya... Dikasih sedikit mrengut, dikasih banyak, gwnya yang mrengut... But i'll tell u beberapa pengalaman eror gw waktu berurusan dengan pemerintah...
1. @ kelurahan
Ni cerita pas perdana gw ngurus2 surat keterangan di kelurahan. Karena gw baru berurusan dengan pemerintah waktu itu.. Eeehh... bokap gw malah cerita yang horor2... Katanya carik aka wakades tu sering marah2in orang kalo da yang salah, syaratnya kelupaan, dll. Jadi gw ngajak bokap. secara yang lebih tau urusan kayak gitu n gw cari tameng takut diamuk2 ma carik.huehehehehehe... Emang c urusan lancar n jinak cariknya. Tapi beberapa hari kemudian gw kudu ngurus surat lagi coz ada yang kurang... bener juga... dia udah emosi aja... nyalah2in gw kemaren ga sekalian... Eh... ga taunya surat keterangan yang gw butuhin kagak ada filenya di desa (surat ket blu nikah kalo ga salah). Akhirnya gw bikin sendiri n dicontek ma dia (kagak kreatif banget kan). Pas lagi ngetik2 gitu dia lama banget otak atik... ga taunya dia kagak bisa ngedit paragraf dari tengah ke samping (ya oloh...). Trus printernya abis tintanya pas dia nanya ke gw, ya gw bilang aja gitu. Eh dianya ngeyel ngeprint2 mulu... Akhirnya nyerah dia isi tintanya. n hasilnya... jalan...(huuuffffttt,,,tobat...tobat...) Untung gw kasih ceban jadi dia senyum2...

Anehnya... pas gw ngajak kakak gw, baeknya minta ampun... n kagak BAYAR...-sigh-





2. @ kecamatan
Waktu itu gw ngurus surat pindah... Sumpah ribet abis... Bolak - balik ke rt, rw, kelurahan, kecamatan n satu tempat lagi gw lupa namanya (tempat foto n nyetak ktp) . N setiap t4 selalu minta sumbangan... Dan yang paling enegh...  gw salah ngambil duit di dompet.. Gw ngasih noban... kampret bener dah...!! nasib2...

3. @ polsek
Waktu itu gw kecopetan... Secara kudu ngurus surat kehilangan  buat ngurus ktp, atm dkk.. Abis bikin surat, ada biaya admin goceng... buset dah..Selembar kertas yang ngeprintnya ga sampe 1000 perak dirental bisa jadi 5 kali lipat gini.. Gw asumsikan ttd n cap polsek seharga 4rebu perak. Udah kecopetan, dipalak pula...(ikhlas..ikhlas...)

 
4.@ kecamatan (again)
Nah ini crita pas gw bis kecopetan, akhirnya kudu bikin ktp lagi. Waktu gw bawa ftcp ktp gw. Gw pengen gelar gw dihapus dari ktp (kesannya sombong amat pake gelar segala). Akhirnya di tipe x ma petugas kelurahan. Begitu beres gw ke kecamatan. Gw ditanya lagi masalah gelar. Dengan mantaap gw jawab dihapus aja...  Pas besoknya gw  ambil.ktp, ternyata gelarnya masih kecantum.. Gw komplain n dia malah nyalahin gw yang teledor yang ga ngecek n petugas kelurahan yang teledor (anjrit bener dah, dia sendiri yang kemaren nanya) Akhirnya  gw bikin lagi aja... disuruh tulis lagi nama gw n suruh BAYAR lagi. Daripada ribet akhirnya gw bayar dah walopun dongkol... Besoknya pas gw ambil??? Gelar gw udah ilang tapi nama gw salah.. (kampret..kampret... dobel kampret...-sigh-) Selidik punya selidik, ternyata bagian penerimaan ma bagian nyetak beda. Karena database gw dah ada dia nyetak ktp gw yang lama..... (huffftttt...pasrah gw...)
 
Huffffhhhttt.... itu sedikit banyak pengalaman eror gw waktuberurusan ma pemerintah... Jujur, kalo boleh bikin sendiri... udah gw bikin sendiri dah... Secara gampang gitu kerjaannya... Kapan ya ada ktp online..?? Jadi kekecamatan kita tinggal cetak n cap doanK. N masalah pemalakan.. gw sih ga masalah dengan alasan biaya admin. Tapi ya bok ditulis di pengumuman...Jadi orang yang baca kan jadi tau... Kayak bikin surat kesehatan di puskesmas gitu kan ada rincian biayanya... Jadi enak n nyaman di hati.. Yah.. paling ga kita bisa berdoa semoga berurusan dengan pemerintah bukan hal yang "horor" n bikin "males" untuk kita jalani...amiiiinnn...
 
See u in the next post guys... smile u later...








Tidak ada komentar:

Posting Komentar